Profil Jurusan Ilahiyat Kuliah di Turki

Profil Jurusan Ilahiyat Kuliah di Turki

Profil Jurusan Ilahiyat Kuliah di Turki

Profil Jurusan Ilahiyat Kuliah di Turki
Profil Jurusan Ilahiyat Kuliah di Turki

Sahabat Pendidikan, salah satu jurusan yang diminati mahasiswa Indonesia saat kuliah di Turki adalah jurusan Ilahiyat. Apa saja yang dipelajari di jurusan ini? Ini profil jurusan Ilahiyat kuliah di Turki.

Sejarah Jurusan Ilahiyat di Turki

Sahabat Pendidikan, tahukah kalau institusi pendidikan keagamaan setingkat universitas di Turki pernah ditutup? Penutupan institusi pendidikan termasuk fakultas-fakultas ilmu agama Islam tersebut terjadi ketika Turki mengadopsi ideologi sekularisme ekstrim setelah republik itu berdiri atau sekitar tahun 1920-an. Hingga pada akhirnya di tahun 1949, institusi pendidikan keagamaan mulai dibuka dengan ditandai oleh dibukanya Universitas Ankara (Ankara University). Sejak saat itu, fakultas Ilahiyat mulai dibuka di universitas-universitas lainnya di Turki. Hingga saat ini, jurusan Ilahiyat bisa ditemui di hampir semua universitas yang ada di Turki.

Asal Mula Nama Ilahiyat

Asal Mula Nama Ilahiyat
Asal Mula Nama Ilahiyat

Apabila Sahabat Pendidikan memahami bahasa Arab, tentu tak asing lagi dengan istilah Faculty of Ilahiyat. Sekilas fakultas ini mirip dengan jurusan Ushuluddin di Indonesia, tapi ternyata berbeda. istilah Ilahiyat sendiri diadopsi dari istilah Fakultas Teologi di dunia barat. Bila fakultas Teologi secara umum membahas mengenai keagamaan Kristen, maka Ulahiyat Fakultesi membahas mengenai agama Islam.

Ketika memutuskan kuliah di Turki untuk mengambil program s1 (Undergraduate) fakultas Ilahiyat, konsultan pendidikan Turki biasanya hanya menunjukkan satu jurusan saja yakni jurusan Ilahiyat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, sepertinya sistem pendidikan ini akan berkembang lebih luas. Hal ini tercermin dari adanya rencana pembangunan International Islamic University of Turkey oleh Direktorat Jenderal Urusan Agama Islam Turki.

Bagi Sahabat Pendidikan yang ingin kuliah di Turki dan mempelajari segala hal mengenai agama Islam, maka bisa mengambil program Undergraduate di universitas yang ada di Turki. Sahabat Pendidikan bisa berkonsultasi dengan konsultan pendidikan Turki mengenai universitas dengan materi terbaik serta profil jurusan Ilahiyat kuliah di Turki. Materi tersebut mulai dari pengetahuan sejarah Islam, hadist, tafsir, hukum Islam, psikologi agama, sosiologi agama, sejarah Turki Utsmaniyah, kalam, tarbiyah dan sebagainya.

Beda Kurikulum Indonesia dengan Turki

Kurikulum Indonesia dengan Turki
Kurikulum Indonesia dengan Turki

Kalau Sahabat Pendidikan perhatikan, kurikulum Turki berbeda dengan Indonesia. Di Indonesia, penjurusan sudah dilakukan di program S1 atau Undergraduated. Artinya seorang mahasiswa akan mempelajari ilmu tafsir secara penuh 100% karena diterima kuliah di fakultas tafsir. Namun, tidak demikian halnya dengan Turki di mana hanya terdapat satu jurusan yakni jurusan Ilahiyat yang sudah mencakup pembelajaran kalam, tafsir, hadist dan pengetahuan Islam lainnya. Sehingga tak ada penjurusan dari masing-masing ilmu tersebut.

Sementara itu, penjurusan ilmu-ilmu Islam mulai diterapkan di jenjang pendidikan lebih tinggi yakni Graduated atau S2 dan S3. Untuk program Graduated Ilahiyat terdiri dari tiga jurusan yang merupakan pengelompokan dari ilmu-ilmu yang diberikan di program Undergraduated. Ketiga jurusan tersebut adalah jurusan Islam Tarihi ve Sanatlari, Islam Temel Bilimleri dan Felsefe ve Din Bilimleri. Secara garis besar, ketiga jurusan di fakultas Ilahiyat tersebut mempelajari tentang filsafat, sejarah dan ilmu dasar agama Islam.

Jurusan Islam Tarihi ve Sanatlari atau Sejarah dan Sastra Islam mempelajari tentang sejarah sastra Turki Islam, sejarah Islam dan sastra Turki Islam. Jurusan Islam Tempel Bilimleri atau Ilmu Dasar Islam mempelajari ilmu hadits, tafsir, sastra Arab, kalam dan hukum Islam. Sedangkan jurusan Felsefe ve Bilimleri atau Filsafat dan Ilmu Agama mempelajari tentang ilmu filsafat Islam, tarbiyah, sosiologi agama dan sejarah agama-agama. Untuk menentukan jurusan terbaik ketika ingin kuliah di Turki, sebaiknya Sahabat Pendidikan berkonsultasi dengan konsultan pendidikan Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *