Kuliah di Turki tanpa Beasiswa

Kuliah di Turki tanpa Beasiswa

Kuliah di Turki tanpa Beasiswa

Kuliah di Turki tanpa Beasiswa
Kuliah di Turki tanpa Beasiswa

Kuliah di Turki tanpa beasiswa memang lebih merepotkan dibandingkan kuliah dengan beasiswa. Semua persiapan, perlengkapan, perijinan, hingga proses pendaftaran dilakukan secara mandiri. Terlebih untuk masalah dana dan mental, semua harus disiapkan secara matang. Sebab, jika  Sahabat Pendidikan hanya datang ke Turki hanya dengan modal niat saja tanpa didukung hal lainnya, sudah pasti Anda akan banyak mendapatkan kendala di sana. Namun begitu, bukan berarti Anda mengurungkan niat untuk kuliah di Turki. Anda tetap bisa mengenyam bangku kuliah di sana secara mandiri dengan tips-tips berikut ini.

  1. Menyiapkan Visa Student

Tips pertama ini harus sangat diperhatikan. Gunakan visa student untuk belajar di Turki, bukan e-visa. Sebab, visa student sangat penting digunakan untuk mengurus ijin tinggal di Turki. Banyak kasus mahasiswa yang tidak bisa mendapatkan ijin tinggal di Turki karena menggunakan visa e-visa. Aturan ini memang baru berlaku di beberapa kota saja di Turki. Namun, bisa jadi itu merupakan kota yang menjadi tempat Anda berkuliah. Untuk mengurus visa student, Anda bisa melihat persyaratan dan tata caranya di website Turkey Embassy.

  1. Melakukan Survey Tempat Tinggal

konsultan pendidikan di turki
konsultan pendidikan di turki

Hal ini perlu dilakukan agar sesampai di Turki,  Sahabat Pendidikantidak tahu harus tinggal di mana. Anda bisa menghubungi beberapa teman, saudara, atau kenalan di Turki untuk dijadikan sebagai tempat tinggal sementara begitu sampai di Turki. Dari teman atau kenalan tersebut, Anda bisa mendapatkan rekomendasi tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Atau, Anda juga bisa kontak dengan konsultasi pendidikan Turki. Biasanya, mereka akan memberikan beberapa informasi tentang tempat tinggal di sekitar kampus yang akan Anda gunakan untuk menuntut ilmu.

  1. Melakukan Survey Kampus

Survey kampus ini bisa Anda lakukan dengan mendatangi langsung atau cukup melihat-lihat profil kampus tersebut di website. Terlebih jika Anda sudah menetapkan sebuah universitas yang ingin Anda masuki. Survey kampus ini perlu dilakukan agar Anda bisa membayangkan suasana pembelajaran di sana sekaligus memperkirakan waktu penyelesaian kuliah dengan kondisi kampus.

  1. Menyiapkan Biaya

kuliah kedokteran di turki
kuliah kedokteran di turki

Karena Sahabat Pendidikan kuliah tanpa beasiswa alias mandiri, pastinya tips yang juga harus Anda siapkan benar-benar adalah masalah biaya. Ada dua  biaya yang harus Anda siapkan, yaitu biaya kuliah dan biaya hidup. Jangan sampai Anda kehabisan uang di negara orang. Memang, Anda bisa mencari beasiswa tambahan di sana, namun syaratnya tidak mudah. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan sejak di Indonesia.

  • Untuk biaya kuliah, sebenarnya lebih murah dibanding di Indonesia. Untuk satu semesternya di program studi umum (bukan kedokteran), biaya kuliah per semesternya berkisar 1–2 jutaan rupiah. Sedangkan, untuk program studi kedokteran bisa mencapai 5 jutaan.
  • Untuk biaya tempat tinggal, tergantung memilih asrama atau kontrakan. Untuk asrama, biasanya biaya setiap orangnya 1,3 juta hingga 1,8 juta per bulan sudah termasuk makan, listrik, wifi, dan air. Sedangkan, untuk kontrakan, biasanya biayanya sekitar 2 jutaan sudah lengkap perabot dan properti.
  1. Jangan Tertipu Website Tidak Terpercaya

Jika Anda termasuk orang yang mengandalkan internet untuk mencari semua sumber informasi, harus lebih waspada. Jangan mudah tertipu dengan website-website yang memberikan informasi yang tidak jelas sumbernya. Akan lebih aman jika Anda mencari website resmi dari Turki atau bertanya di PPI Turki. Terlebih posisi  Sahabat Pendidikan adalah kuliah di Turki tanpa beasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *