Informasi lengkap cara Kuliah S2 di Turki

Informasi lengkap cara Kuliah S2 di Turki

Informasi lengkap cara Kuliah S2 di Turki

Informasi lengkap cara Kuliah S2 di Turki
Informasi lengkap cara Kuliah S2 di Turki

Pendidikan Magister atau Gelar S2 tidak hanya bisa diperoleh di dalam negeri saja, namun berbagai Perguruan Tinggi di luar negeri memfasilitasi sahabat pendidikan untuk belajar di berbagai jurusan. Turki adalah salah satu negara yang tengah gencar menjaring pelajar dari berbagai negara untuk belajar di berbagai Universitas Negeri yang ada di sana. Setidaknya pemerintah Turki menyediakan 1500 kursi untuk mahasiswa dari luar Turki setiap tahunnya.

Sahabat Pendidikan dapat memilih kampus dan jurusan yang ingin dituju sesuai kehendak. Universitas swasta pada umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, sementara universitas negeri cenderung menggunakan bahasa Turki. Sehingga penting bagi sahabat pendidikan untuk belajar bahasa Turki sebelum berangkat ke sana. Oleh karena itu, sahabat pendidikan perlu mengetahui informasi lengkap cara Kuliah S2 di Turki sebelum memutuskan.

Program-program S2 yang Ditawarkan

Kebanyakan program S2 yang ditawarkan bagi pelajar non-Turki merupakan jurusan-jurusan umum yang cukup populer seperti Hubungan Internasional, Manajemen Bisnis dan Perhotelan, Studi Mediterania Timur, dan Studi Hubungan Multikultural.

Bahasa pengantar untuk perkuliahan S2 di sana cukup beragam. Secara umum bahasa Inggris dan Turki adalah bahasa yang sering digunakan. Beberapa jurusan juga menggunakan bahasa Perancis atau Jerman sebagai bahasa pengantar utama.

Lama pendidikan

lama pendidikan kuliah di turki
lama pendidikan kuliah di turki

Kebanyakan program S2 memakan waktu sekitar 2 tahun atau lebih tergantung dari jurusan yang diambil serta lembaga pendidikannya. Setiap kampus dan jurusan bagi pendidikan S2 memiliki program yang berbeda-beda bagi mahasiswa nya, namun rata-rata jenjang ini dapat diselesaikan dalam kisaran waktu 2 tahun.

Biaya pendidikan S2 di Turki juga cukup terjangkau bagi masyarakat Indonesia sekalipun. SPP atau biaya kuliah di Universitas Negeri bagi mahasiswa internasional berkisar antara 300-600$ dengan pengantar bahasa Inggris. Biaya ini dapat ditekan bila mengambil universitas yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Turki. Biayanya bisa menjadi hanya 100-200$ saja.

Di kampus-kampus swasta, biaya pertahun bagi mahasiswa internasional bisa mencapai 6000-20000$. Namun biaya ini dapat dipangkas bila melalui program beasiswa internasional. Melalui jalur beasiswa dari Universitas Swasta ini, biaya kuliah dapat diturunkan hingga angka 30-40% dari total biaya tahunan.

Tambahan Penghasilan

Mahasiswa Internasional hanya memegang visa belajar saja oleh karena itu bekerja di perusahaan sektor publik dan swasta adalah hal yang ilegal. Visa pelajar di Turki tidak memungkinkan mahasiswa Internasional untuk bekerja baik paruh waktu maupun penuh di tempat kerja umum. Namun bila Sahabat Pendidikan ingin menambah uang saku selama kuliah di Turki, tetap ada solusi bagi masalah ini. Sahabat Pendidikan dapat menjadi peneliti ataupun asisten penelitian yang masih berhubungan dengan pendidikan yang Sahabat Pendidikan sedang jalani. Penghasilan dari pekerjaan ini cukup besar dan dapat menambah ilmu.

Cara Mendaftar

Cara Mendaftar kuliah di turki
Cara Mendaftar kuliah di turki

Untuk mengambil kuliah S2, ada beberapa jalan yang dapat Sahabat Pendidikan tempuh. Cara pertama adalah dengan mendaftar langsung. Sahabat pendidikan tidak harus terbang ke Turki untuk mendaftarkan diri ke Universitas yang dituju. Pendaftaran ini dapat dilakukan secara online, maupun melalui Kementerian Luar Negeri. Namun dengan cara ini seluruh biaya pendidikan selama di Turki menjadi tanggungan Sahabat Pendidikan sendiri. Mengetahui informasi lengkap cara Kuliah S2 di Turki bisa membantu Sahabat Pendidikan memilih kampus yang sesuai. Dapat juga melalui konsultan pendidikan Turki untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Cara kedua adalah dengan melalui jalur Beasiswa. Perlu diingat bahwa setiap tahunnya Turki membuka pintu bagi 1500 calon pelajar internasional untuk belajar di Turki. Jalur ini umumnya dibuka melalui Kementerian Luar Negeri sebagai pelaksana ujian masuk dan sejumlah test. Melalui jalur ini, calon mahasiswa tidak hanya dipermudah secara administratif namun juga mendapatkan sejumlah fasilitas. Umumnya fasilitas yang disediakan antara lain kursus bahasa Turki, biaya pendidikan, uang saku bulanan selama masa belajar, asrama mahasiswa, serta akomodasi dari Indonesia menuju Turki di awal dan akhir masa belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *