Cara Kuliah di Turki dengan Mandiri

Cara Kuliah di Turki dengan Mandiri

Cara Kuliah di Turki dengan Mandiri

Cara Kuliah di Turki dengan Mandiri
Cara Kuliah di Turki dengan Mandiri

Cara kuliah di Turki dengan mandiri memang bisa dibilang lebih repot dibandingkan jika  Sahabat Pendidikan mendapatkan beasiswa dari pemerintah Turki. Sebab, semua persyaratan harus disiapkan sendiri. Sayangnya, tidak semua orang beruntung mendapatkan beasiswa tersebut. Jika Anda termasuk yang tidak beruntung, bukan berarti Anda harus mengubur impian untuk kuliah di negara dengan mata ulang Lira ini, bukan? Anda bisa tetap kuliah di sana secara mandiri. Ada tiga jalur jika Anda ingin kuliah di Turki secara mandiri. Berikut ini informasi lebih lengkapnya tentang ketiga jalur tersebut.

  1. Mengikuti Ujian YOS (SBM)

Mengikuti Ujian YOS
Mengikuti Ujian YOS

Cara pertama yang bisa  Sahabat Pendidikan pilih adalah dengan mengikuti ujian YOS. Ujian ini layaknya seperti SBMPTN tapi untuk masuk ke perguruan tinggi di Turki. Untuk mengikuti ujian ini, Anda tidak diharuskan berangkat ke Turki. Di Indonesia juga diselenggarakan ujian YOS, yaitu di Jakarta setiap tahunnya. Biasanya, penyelenggaraan ujian sekitar bulan April.

Biaya pendaftaran untuk mengikuti ujian ini berkisar 400 ribuan. Sedangkan, untuk materi yang diujikan ada tiga, yaitu tes IQ sebanyak 50%, matematika 35%, dan geometri 15%, dengan total soal 80 butir. Anda diwajibkan menjawab semua pertanyaan tersebut dalam waktu 120 menitan.

Pengumuman hasil ujian YOS biasanya dilakukan beberapa hari setelah ujian selesai dilakukan. Nilai ujian yang Anda peroleh inilah yang kemudian digunakan untuk mendaftar universitas di Turki. Semakin tinggi nilai yang Anda peroleh, semakin besar peluang Anda diterima di universitas bonafit di Turki.

  1. Melalui Pengiriman Berkas

Mendaftar menjadi mahasiswa di universitas Turki bisa hanya dengan mengirimkan nilai ijazah atau SKHU yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Indonesia. Dengan kata lain, Anda tidak perlu mengikuti tes ujian masuk. Namun, tentu saja tidak semua universitas Turki menerapkan aturan ini. Hanya beberapa universitas saja yang menyediakannya. Untuk mengetahui universitas mana saja yang memberlakukan aturan ini, silakan kontak konsultasi pendidikan Turki.

Adapun cara mengirimkan bisa lewat teman yang ada di Turki untuk diantar langsung ke universitas atau mendaftar lewat online. Jika ingin mendaftar lewat online, Anda cukup upload berkas-berkas yang diminta. Yang menjadi catatan, semua berkas tersebut harus sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah dan disahkan oleh sekolah dengan cap. Jika permohonan Anda diterima, maka dalam beberapa hari, Anda akan menerima pemberitahuannya melalui email.

Setelah pasti diterima, segera lakukan pengurusan visa dan paspor. Sebagai tips agar pengurusan visa Anda lebih gampang, pada saat ke kedutaan Turki di Indonesia, beri keterangan bahwa Anda sudah diterima di suatu universitas di Turki dengan menyertakan print email dari universitas tadi. Tunggu beberapa hari, maka visa sudah jadi dan Anda tinggal berangkat ke Turki untuk kuliah.

  1. Melalui Agen atau Yayasan

Melalui Agen atau Yayasan
Melalui Agen atau Yayasan

Sebenarnya, jalur ini sangat tidak direkomendasikan karena banyak sekali yayasan atau agen abal-abal yang hanya ingin mengeruk keuntungan saja. Namun, jika Anda tetap berkeinginan menggunakan jalur ini, karena biasanya mereka bersedia membantu pengurusan persyaratan administrasi keberangkatan, pastikan bahwa yayasan atau agen yang Anda pilih benar-benar terpercaya. Anda bisa melihat profil ataupun sepak terjang yayasan tersebut selama ini. Jangan sampai Anda menjadi korban agen yang tidak bertanggung jawab.

So, dari tiga cara kuliah di Turki dengan mandiri di atas, manakah yang Anda pilih? Semua keputusan ada di tangan  Sahabat Pendidikan. Yang jelas, raihlah ilmu setinggi mungkin meski harus menyeberang lautan. Salam sukses selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *