Berapakah Biaya Hidup Kuliah di Turki?

Berapakah Biaya Hidup Kuliah di Turki?

Berapakah Biaya Hidup Kuliah di Turki?

Berapakah Biaya Hidup Kuliah di Turki?
Berapakah Biaya Hidup Kuliah di Turki?

Berapakah biaya hidup kuliah di Turki? Pertanyaan ini sering sekali dilontarkan oleh para calon mahasiswa di Turki, terlebih yang menjalaninya melalui jalur mandiri alias tanpa beasiswa. Hal ini cukup dimaklumi karena dengan adanya informasi ini, Sahabat Kuliah di Turki bisa memperkirakan budget yang harus disediakan sebelumnya. Secara garis besar, biaya yang harus disiapkan dikelompokkan menjadi dua, yaitu biaya kuliah dan biaya hidup. Berikut ini penjelasan lebih detailnya.

# Biaya Kuliah di Turki

Jika dibandingkan dengan Indonesia, biaya kuliah di negara beribukota Ankara ini tergolong lebih murah. Apalagi jika seseorang mendapatkan beasiswa dari pemerintah Turki. Sebagai contoh, untuk Universitas Suleyman Demirel, meskipun termasuk universitas yang mematok harga mahal di Turki, namun jika dibandingkan dengan di Indonesia masih sangat murah. Untuk Fakultas Kedokteran di universitas ini hanya dipatok biaya sekitar 3,5 juta per semester. Bisa dibayangkan, berapa biaya kuliah di universitas di Turki yang termurah.

Besarnya biaya kuliah di Turki ini juga sangat ditentukan oleh bahasa pengantar yang digunakan selama perkuliahan. Biasanya, jurusan yang menggunakan pengantar bahasa Inggris harganya lebih mahal daripada yang menggunakan pengantar bahasa Turki, meskipun jurusannya sama dan di universitas yang sama pula. Oleh karena itu, jika Sahabat Kuliah di Turki ingin lebih berhemat, silakan untuk belajar bahasa Turki terlebih dahulu dengan mengikuti kursus di Indonesia. Atau, Sahabat Kuliah di Turki bisa konsultasi terlebih dahulu dengan jasa konsultan pendidikan Turki.

# Biaya Hidup di Turki

Biaya Hidup di Turki
Biaya Hidup di Turki

Biaya selanjutnya yang harus dikeluarkan selama di Turki adalah biaya hidup. Perlu diketahui, pada dasarnya indeks biaya hidup di Turki tergolong rendah, yaitu sekitar 41,19. Namun, biaya hidup ini tidak seimbang antara satu kota dengan kota lain. Ada kota yang menetapkan harga cukup tinggi, ada juga yang mahal. Sebagai contoh, biaya hidup di Istanbul yang merupakan kota terbesar di Turki lebih mahal daripada di kota lain yang ada di pinggiran.

Biaya hidup di Turki ini tidak hanya tentang biaya makan, namun juga biaya sewa tempat tinggal dan transportasi. Bahkan, banyak orang Indonesia yang pernah tinggal di sana mengakui bahwa pengeluaran paling tinggi digunakan untuk menyewa tempat tinggal. Berikut ini contoh biaya hidup di Istanbul:

  1. Sewa Rumah

  • Tipe 1 + 0 (satu kamar dan tanpa ruang tamu), berkisar 500 – 800 Lira per bulan.
  • Tipe 1 + 1 (satu kamar dan satu ruang tamu), berkisar 700 – 1000 Lira per bulan.
  • Tipe 2 + 1 (dua kamar dan satu ruang tamu), berkisar 900 – 1500 Lira per bulan.
  • Tipe 3 + 1 dan 4 + 1, pada umumnya di atas 1300 Lira per bulan.

Biaya ini belum termasuk deposito yang besarnya tergantung permintaan pemilik rumah. Sebenarnya, akan lebih murah jika Sahabat Kuliah di Turki menyewa rumah dengan beberapa kamar sehingga bisa mengajak beberapa teman menghuni bersama dengan biaya sewa ditanggung bersama.

  1. Kebutuhan Tambahan

sekolah dan kuliah di turki
sekolah dan kuliah di turki

Selain sewa rumah, ada beberapa kebutuhan tambahan yang tidak mungkin dihindari, seperti:

  • Kebutuhan listrik, berkisar 40 – 100 Lira per bulan, tergantung pemakaian.
  • Kebutuhan natural gas, berkisar 100 – 300 Lira per bulan.
  • Kebutuhan air, berkisar 40 – 150 Lira per bulan.
  • Kebutuhan akses Wifi, berkisar 60 – 75 Lira per bulan.
  • Kebutuhan belanja dan makan, berkisar 100 Lira per bulan.
  • Transportasi, berkisar 85 Lira untuk perjalanan sebanyak 200 kali tap sepuasnya.

Dari uraian di atas, kini Sahabat Kuliah di Turki tidak perlu bertanya berapakah biaya hidup kuliah di Turki lagi, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *