Beasiswa Arsitektur Kuliah di Turki

Beasiswa Arsitektur Kuliah di Turki

Beasiswa Arsitektur Kuliah di Turki

Beasiswa Arsitektur Kuliah di Turki
Beasiswa Arsitektur Kuliah di Turki

Arsitektur merupakan salah satu bidang ilmu unggulan di Turki. Tak mengherankan jika banyak mahasiswa Indonesia yang mencari beasiswa arsitektur kuliah di Turki.

Universitas Jurusan Arsitektur di Turki

Apabila Sahabat Pendidikan menyukai seluk beluk bangunan, menggambar teknis dan tertarik kuliah di Turki, tak ada salahnya melanjutkan studi baik S1, S2 maupun S3 di Turki. Turki termasuk negara dengan seni arsitektur tinggi. Berbagai arsitektur bangunan menawan bisa ditemukan di negara ini.

Salah satu arsitek terkenal dari negara ini adalah Mimar Sinan yang menjadi otak arsitek Blue Mosque. Tak sedikit calon mahasiswa yang tertarik studi di Turki karena terinspirasi dari arsitek Blue Mosque ini. Apabila Sahabat Pendidikan tertarik kuliah di Turki, biasanya konsultan pendidikan Turki akan menawarkan studi di beberapa universitas swasta berbahasa Inggris. Seperti Istanbul Kultur Universitesi, Izmir Yuksek Teknoloji Enstitusu, İstanbul Bilgi Üniversitesi, Ted Universitesi (Ankara), Ihsan Dogramaci Bilkent Universitesi (Ankara), Yeditepe Universitesi (Istanbul), dan lainya. Sedangkan universitas negeri yang memiliki program arsitektur unggulan di antaranya Yildiz Teknik Universitesi (Istanbul), Orta Dogu Teknik Universitesi (Ankara) dan İstanbul Teknik Universitesi.

Beasiswa Penuh Untuk Kuliah di Turki

Beasiswa Penuh Untuk Kuliah di Turki
Beasiswa Penuh Untuk Kuliah di Turki

Pemerintah Turki menawarkan beasiswa penuh (full scholarship) yang tidak mengikat pada penerima beasiswa tersebut. Namun, tak semua beasiswa yang ditawarkan kepada siswa Indonesia yang berniat kuliah di Turki mencakup studi arsitektur. Sebagai contoh, Ali Kuscu Science and Technology Scholarship yang diberikan bagi peserta studi pascasarjana (S2 dan S3) di bidang teknik, teknologi dan ilmu pengetahuan.

Ada pula Bosphorus Scholarship Program yang ditujukan bagi peserta kuliah di Turki jenjang S1 untuk semua bidang terkecuali studi Islam, ilmu medis dan sastra/bahasa Turki. Bagi pelajar asing yang menempuh pendidikan SMA di Turki, bisa aplikasi beasiswa Anatolian Undergraduate Scholarship Program. Program beasiswa ini diberikan bagi siapa saja yang berminat melanjutkan kuliah di Turki untuk jurusan apa saja kecuali jurusan agama, sastra, kedokteran dan bahasa Turki.

Apabila menghendaki beasiswa arsitektur kuliah di Turki untuk program studi jangka pendek, maka Sahabat Pendidikan bisa memilih Support and Success Scholarship Program dan Research Scholarship. Support and Success Scholarship Program ditujukan bagi mahasiswa internasional yang sedang kuliah di universitas Turki. Sedangkan Research Scholarship merupakan beasiswa untuk mahasiswa program doktor dari luar Turki.

Untuk bisa memperoleh beasiswa Research Scholarship, setidaknya Sahabat Pendidikan sudah diterima di salah satu universitas Turki. Selanjutnya, penelitian baru boleh dilakukan apabila memenuhi persyaratan bahasa yang ditentukan oleh universitas tersebut. Sahabat Pendidikan bisa mencari tahu mengenai kedua beasiswa ini maupun beasiswa arsitektur lainnya dengan menghubungi konsultan pendidikan Turki yang dipercaya.

Persyaratan Beasiswa Arsitektur di Turki

Persyaratan Beasiswa Arsitektur di Turki
Persyaratan Beasiswa Arsitektur di Turki

Seperti beasiswa lainnya, beasiswa program studi arsitektur di Turki umumnya diberikan untuk semua pendaftar dari seluruh dunia kecuali warga negara Turki. Beasiswa tersebut memiliki batas minimal umur yakni tidak lebih dari 21 tahun untuk jenjang S1, 30 tahun untuk jenjang S2 dan 35 tahun untuk jenjang S3. Sedangkan beasiswa research ditujukan bagi pendaftar berusia tak lebih dari 45 tahun.

Sementara itu, cakupan beasiswanya terdiri dari uang saku bulanan, biaya kursus bahasa Turki, asuransi kesehatan, biaya kuliah termasuk kuliah musim panas, asrama dan tiket pesawat. Demi mempermudah proses kuliah di Turki, biasanya konsultan pendidikan Turki menyarankan Sahabat Pendidikan memiliki dasar ilmu arsitektur serta menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris serta bahasa Arab dan Turki meski masih tahap awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *