Biaya Kuliah Di Turki, Berikut Rinciannya

Biaya Kuliah Di Turki, Berikut Rinciannya

Biaya Kuliah Di Turki, Berikut Rinciannya

Biaya Kuliah Di Turki, Berikut Rinciannya
Biaya Kuliah Di Turki, Berikut Rinciannya

Biaya menjadi hal pertama yang harus dipertimbangkan saat akan menempuh sebuah jenjang pendidikan. Banyak yang beranggapan jika kuliah di luar negeri akan menghabiskan banyak biaya. Padahal jika bisa mendapatkan beasiswa kuliah penuh, mahasiswa tidak akan mengeluarkan biaya sedikitpun bahkan bisa menabung dari uang saku yang diterima. Bagi Sahabat Kuliah di Turki yang penasaran, berikut ini ulasan mengenai Biaya Kuliah di Turki, Berikut Rinciannya.

Kemajuan pendidikan Turki

Kemajuan pendidikan Turki
Kemajuan pendidikan Turki

Turki merupakan sebuah negara yang berada di antara Asia dan Eropa. Hal inilah yang menyebabkan Turki menjadi negara multikultural dengan penduduk yang memiliki nilai toleransi tinggi. Disana Sahabat Kuliah di Turki akan menyaksikan masyarakat yang mengikuti budaya barat dan budaya timur saling hidup rukun berdampingan.

Dari sisi pendidikan, Turki memiliki 7 Universitas yang masuk ke dalam daftar 100 Universitas terbaik di dunia. Perguruan tinggi Turki menggunakan sistem pembelajaran yang membuatnya setara dengan Perguruan tinggi Eropa. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak mahasiswa yang tertarik untuk Kuliah di Turki. Dengan kualitas pendidikan yang baik, Turki tidak menetapkan biaya kuliah yang tinggi di Universitasnya. Bahkan jika bisa masuk Perguruan tinggi Negeri, Sahabat Kuliah di Turki akan mendapatkan subsidi dan membayar biaya kuliah dengan sangat murah. Sayangnya belum banyak yang mengetahui hal tersebut. Kebanyakan calon pelamar beranggapan jika biaya kuliah di Turki sama tingginya dengan biaya kuliah di negara-negara luar lainnya.

Biaya kuliah di Turki

Biaya kuliah di Turki
Biaya kuliah di Turki

Biaya kuliah dipetakan berdasarkan jenjangnya yaitu S1, S2 dan S3. Secara umum, Universitas hanya menetapkan biaya semester sebagai biaya yang harus dibayar. Tidak ada uang gedung, uang pangkal dan lain sebagainya. Selain berdasarkan jenjang, besaran uang kuliah yang harus dibayar juga tergantung dengan program studi yang diambil. Pemerintah Turki sendiri membiarkan masyarakatnya untuk mengenyam pendidikan secara gratis dari mulai sekolah hingga perguruan tinggi. Oleh karena itu, jangan heran jika biaya kuliah antara pelajar asli Turki dengan pelajar asing berbeda.

Untuk jenjang S1, biaya kuliah yang harus dibayar berkisar antara 500 ribu rupiah atau sekitar 142 TL hingga 3 juta rupiah. Universitas negeri biasanya memberikan standar biaya kuliah dibawah 1 juta rupiah.

Untuk biaya hidup, Sahabat Kuliah di Turki tidak perlu khawatir karena biayanya tidak jauh dengan biaya hidup di Indonesia. Setiap bulannya pelajar dan mahasiswa menghabiskan biaya antara 4 juta hingga 6 juta rupiah. Untuk tempat tinggal misalnya, pelajar Indonesia biasanya menyewa apartemen dengan beberapa kamar yang ditempati bersama dengan pelajar lainnya. Biaya sewa apartemen 3 kamar per bulannya sekitar 2,1 juta rupiah. Jika apartemen tersebut ditempati oleh 4 orang, maka biaya yang harus dibayar masing-masing penghuni hanya 525 ribu rupiah. Tagihan listrik dan air pun tidak jauh berbeda dengan biaya di Indonesia. Biasanya pada musim dingin biaya listrik akan sedikit lebih tinggi karena harus menyalakan pemanas.

Untuk biaya makan, agar lebih hemat Sahabat Kuliah di Turki bisa membeli bahan makanan sendiri untuk dimasak. Harga 1 kg beras berkisar antara 14 ribu hingga 20 ribu rupiah. Biaya kuliah dan biaya hidup yang cukup terjangkau di Turki, membuat banyak mahasiswa di seluruh dunia memiliki harapan untuk mengenyam pendidikan dengan kualitas yang paten tanpa mengeluarkan banyak biaya. Informasi lebih lanjut seputar Biaya Kuliah di Turki, Berikut Rinciannya bisa dikonsultasikan langsung dengan Konsultan Pendidikan Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *